Pemasaran Lintas Saluran atau Cross Channel Untuk UKM dan UMKM

Pemasaran Lintas Saluran atau Cross Channel Untuk UKM dan UMKM

Pemasaran lintas saluran atau Cross channel. Untuk bisnis apa pun dalam ruang perangkat lunak sebagai layanan (SaaS atau software as a service), analisis data dan sains sangat penting untuk memastikan mereka terus maju guna mengungkapkan wawasan yang benar-benar dapat membuat perbedaan. Dengan pemikiran ini, untuk mengidentifikasi cara baru bagi UKM untuk memaksimalkan pengeluaran iklan mereka dengan pemasaran lintas saluran.
 
Ini merupakan kesempatan yang menarik untuk menghasilkan beberapa wawasan yang benar-benar unik, mengingat bahkan pemain besar seperti Google dan Microsoft hanya memiliki data yang berkaitan dengan saluran masing-masing. Proyek ini berjanji untuk memberikan pandangan yang lebih luas dan memberikan beberapa wawasan baru berkat akses ke data anonim dari ribuan akun.
 
Pendekatan lintas saluran
Temuan baru mengidentifikasi bahwa sangat sedikit pelanggan UKM yang menggunakan banyak saluran (Facebook, Google, dan Microsoft).
 
Meskipun ini bukan bagian dari proyek utama, ini adalah analisis yang sangat menarik dan itu merupakan sesuatu yang sangat kami tekankan. Kebanyakan orang hanya berpegang pada Google, misalnya, karena di sanalah mereka pikir seharusnya mereka berada tetapi itu tidak selalu menjadi kasus terbaik untuk bisnis semua orang, dan terlihat di banyak titik kontak atau setidaknya mencoba beberapa saluran dapat menjadi sangat penting untuk keberhasilan digital marketing. 
 
 
 
Analisis kami menemukan Facebook sebagai saluran paling kondusif untuk UKM berdasarkan biaya (CPM, CPC) serta pengembalian (impressions, clicks), namun, Microsoftlah yang menjadi yang teratas untuk menjangkau audiens yang lebih profesional dan kaya.
 
Sebelum lanjut mari kita bahas apa itu CPM, CPC Serta CTR dan RKT
 
Apa itu CPM (Cost per Mile)
CPM ini adalah sistem perhitungan iklan berdasarkan jumlah impresi (impression). Impresi ini juga bisa disebut page views. Nah Cost per Mile sendiri diartikan sebagai sistem perhitungan per seribu impresi/tayangan. Karena Mile itu sendiri merujuk pada jumlah 1000.
 
Cara hitung 
 
Biaya Iklan = CPM x (jumlah impresi/1000)
 
Ilustrasi contoh, Kalian akan mengiklankan produk, dan menargetkan iklan tersebut  akan dilihat 3.000.000 kali. Sedangkan biaya CPM Rp 3.000,-. Berarti, biaya yang akan dikeluarkan untuk beriklan :
Total Biaya = Rp 3.000 x (3.000.000/1000) =3.000 x 3.000= Rp 9.000.000,-
Tetapi jika ingin beriklan di Google Ads atau Facebook Ads, biaya CPM tidak dapat  ditentukan di awal. Untuk hal ini kita hanya dapat menentukan budgetnya dulu, nanti sistem di Ads atauFB Ads yang akan menghitung sesuai dengan budget kita.
 
Apa Itu CPC (Cost per Click) atau Biaya per Klik (BPK) 
CPC perhitungan iklan berdasarkan pada jumlah klik terhadap iklan. Jika iklan menghasilkan klik yang banyak, maka akan berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan.
 
Rumus perhitungannya
Total biaya iklan = CPC x jumlah klik
 
Ilustrasi contoh
Jjika iklan kalian ingin mendapatkan 400 klik, sedangkan harga CPC Rp 1.000, maka total biaya iklan adalah : Rp 1.000 x 400 = Rp 400.000.
 
Hal yang sama di Google Ads atau Facebook Ads, untuk harga CPC belum dapatdiketahui dari awal. Sehingga kita hanya dapat menentukan budgetnya dulu.
 
Apa itu CTR?
CTR (Click Through Rate), lebih mengarah pada apakah iklan kita bisa berjalan secara efektif atau tidak. Contoh jumlah views iklan tayang banyak tetapi jumlah klik kecil. dari kasus ini lita dapat melihat perbandingannya melalui CTR ini.
 
CTR rumus :
CTR = jumlah klik / jumlah pengunjung
 
Jika di statistik iklannya nilai CTR besar, maka iklan berjalan efektif. Tetapi jika sedikit berarti iklan kurang optimal.

Apa Itu RKT laman dan RKT tayangan
RKT laman adalah jumlah tampilan dari total keseluruhan laman yang dilihat.
RKT tayangan adalah banyaknya iklan yang dilihat berdasarkan unit iklan dan jenis iklan. 
 
Ok marikita bahas lagi

Penelitian tersebut menyoroti pentingnya menentukan terlebih dahulu target audiens. Karenanya, ketika harus memilih saluran atau saluran untuk bisnis kita, ada baiknya memikirkan tentang apa yang ingin kita capai dengan pengeluaran iklan dan siapa yang benar-benar ingin kita jangkau.
 
Apa yang sebenarnya ingin kita capai?
Tepat di offset, penting untuk memikirkan tujuan akhir dan bertanya pada diri sendiri siapa pelanggan yang ingin jadi target dan cara apa yang paling efisien untuk menjangkau mereka.
 
Riset yang ada memberi tahu kami bahwa bagi UKM memperoleh pelanggan baru adalah tujuan yang paling dikejar dalam perjalanan pelanggan diikuti dengan 'menghasilkan kesadaran', 'menghasilkan prospek', dan 'mempertahankan pelanggan'.
 
Dengan mempertimbangkan hal ini, kami coba menggabungkan  traditional sales funnel  dengan  customer lifecycle model  akan menjadi cara terbaik bagi UKM untuk mengelola keseluruhan sasaran pemasarannya.
 
 
Metodologi resolusi yang tumpang tindih kemudian memungkinkan untuk menentukan dampak biaya pada saluran pemasaran yang berbeda. Dengan cara ini, UKM dapat secara efektif menentukan platform mana yang terbaik untuk digunakan ketika kemiripan terjadi.
 
Kami menemukan melalui penelitian bahwa pilihan saluran itu sendiri yang memiliki pengaruh paling signifikan pada CPM dan CPC. Setelah menentukan hubungan antara channel dan biaya, penelitian lebih lanjut dilakukan untuk mengetahui CPM dan CPC rata-rata di Google, Facebook, dan Microsoft Ads.
 
Meskipun Facebook merupakan saluran yang paling hemat biaya rata-rata untuk UKM secara keseluruhan, rekomendasinya adalah bahwa bisnis harus tetap melihat rasio klik-tayang dari saluran lain untuk menentukan apakah faktor lain seperti industri atau geografi dapat membuat perbedaan yang signifikan. 
 
 
 
Jika kita memilih antara Google dan Microsoft, hasilnya menyarankan penggunaan Google karena jangkauannya yang tinggi dan biayanya yang rendah, namun, Microsoft juga dapat berguna, terutama karena ia menawarkan penargetan dan demografi tingkat tinggi yang dapat sesuai untuk jenis bisnis tertentu. 
 
Apa kata iklan Anda?
Faktor lain yang mungkin tidak dipertimbangkan oleh banyak bisnis saat memutuskan platform adalah sentimen pesan mereka.
 
Saat menganalisis data, ini adalah area lain di mana pemasar melihat perbedaan tergantung pada saluran tempat iklan muncul.
 
 
 
Microsoft terbukti menjadi platform paling populer dalam hal sentimen positif dengan CTR 4,2 persen, dibandingkan dengan 3,6 persen untuk netral dan 3,3 persen untuk sentimen negatif.
 
Menariknya, hal yang sebaliknya berlaku untuk iklan Google di mana sentimen negatif terbukti paling populer di kalangan pengguna, memperoleh rasio RKT sebesar 6,5 persen dibandingkan dengan 5,7 persen untuk pesan netral dan negatif.
 
 
 
Sekali lagi, ini menyoroti betapa pentingnya meluangkan waktu untuk menyesuaikan iklan kalian untuk tujuan pengujian dan mempelajari apa yang paling berhasil untuk target pelanggan kita sehingga dapat memanfaatkan pengeluaran.
 
Setiap bisnis itu unik
Bukan rahasia lagi bahwa pendekatan satu ukuran untuk semua tidak selalu berhasil. Semua bisnis berbeda dan oleh karena itu pengeluaran dan pemanfaatan iklan mereka tentu saja akan berbeda.
 
Beberapa orang, seperti kita semua, ingin menggunakan statistik dan apa yang telah terbukti berhasil secara historis untuk bisnis, dan sementara itu dapat diperhitungkan, itu tidak berarti bahwa itu akan berhasil untuk setiap bisnis. Oleh karena itu, selalu ingat untuk meluangkan waktu untuk mempertimbangkan di mana kita akan berbelanja dan siapa yang ingin kita jangkau.
 
Perlu diingat bahwa meskipun  Google,  Facebook, dan Microsoft Ads adalah platform periklanan online paling populer, ada tempat alternatif (dan lebih murah) untuk mencantumkan iklan terutama Reddit, Amazon, dan situs khusus industri seperti Capterra. Meskipun memiliki lebih sedikit pengguna, ini masih efektif karena seringkali lebih mudah untuk menjangkau audiens tertarget dan dapat berfungsi sebagai tambahan untuk platform utama.
 
Melihat ke depan
Kami berharap melalui info ini kami dapat membantu UKM untuk memikirkan dengan hati-hati tentang target audiens dan tujuan spesifik mereka sebelum alokasi belanja iklan dilakukan. Apa yang kami tunjukkan di sini adalah bahwa platform periklanan yang dieksplorasi dalam studi ini bekerja secara efektif dengan sendirinya bergantung pada tujuan akhir dan kami berharap wawasan ini akan memungkinkan UKM mencapai hasil keseluruhan yang lebih baik.
 
Pembelajaran ini membantu menentukan bagaimana kemitraan lintas saluran dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pelanggan UKM. Karena Facebook tampaknya menjadi saluran yang paling banyak digunakan oleh 70 persen UKM maupuan UMKM, dan analisis data menunjukkan bahwa ini optimal dalam hal biaya dan pengembalian, data akan digunakan untuk menskalakan fitur dan peluang iklan Facebook. Banyak pembelajaran yang kami gali dari iju coba ini.
 
Tambahan : UKM merupakan singkatan dari Usaha Kecil Menengah. Sedangkan UMKM adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.